Find Us

  Mongabay.co.id Kesenden merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon yang berbatasan dengan Laut Jawa pada bagian uta...

Yuk Cari Tahu, Apa Saja Kegiatan Nelayan

 

Mongabay.co.id

Kesenden merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon yang berbatasan dengan Laut Jawa pada bagian utara. Dengan letak geografis seperti ini, mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Tak hanya itu, adapula masyarakat yang memproduksi ikan asin dan usaha tambak ikan.


Menurut Kompasiana, Masyarakat di kawasan pesisir Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai nelayan yang diperoleh secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Karakteristik masyarakat nelayan terbentuk mengikuti sifat dinamis sumberdaya yang digarapnya, sehingga untuk mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal, nelayan harus berpindah-pindah. Selain itu, resiko usaha yang tinggi menyebabkan masyarakat nelayan hidup dalam suasana alam yang keras dimana selalu diliputi oleh adanya ketidakpastian dalam menjalankan usahanya.


Cuaca sangat mempengaruhi hasil tangkapan nelayan. Pada bulan Desember ini cuaca sangat ekstrem karena telah memasuki musim hujan. Tingginya curah hujan ini memudahkan para nelayan  untuk menangkap ikan, cuaca yang ekstrem menyebabkan tingginya gelombang yang disertai angin kencang sehingga ikan terbawa hingga ke permukaan laut.

 

KPM-DR Kesenden Sedang Melihat Proses Pembuatan Jaring Ikan

 

Kegiatan nelayan tidak hanya sebatas mencari ikan saja. Ketika waktu senggang, mereka berkumpul dan beramai-ramai untuk membuat  jaring ikan bersama. Mereka saling bergotong-royong dalam kegiatan  apapun, seperti dalam menangkap ikan kemudian hasilnya akan dibagi rata. Sikap gotong-royong inilah yang dapat  menjalin hubungan yang baik sesama nelayan. 



Cek Video Lengkapnya KLIK DISINI

Sumber:
https://www.kompasiana.com/nawawimnoer/5ab89b56dd0fa868be7e2612/sosial-ekonomi-masyarakat-pesisir#

0 komentar: