Find Us

Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah penting. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyaraka...

Sayangi Buah Hati Anda Dengan Selalu Ke Posyandu


Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah penting. Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.


Baca juga: Kegiatan Posyandu dan Manfaat Bagi Ibu dan Anak


Posyandu pada umumnya dilakukan satu kali setiap bulannya, dan biasanya di dilakukan pada tingkatan RW. Di Kelurahan Kesenden ini, RW 03 melaksanakan posyandu pada tanggal 15 Desember, RW 04 pada tanggal 11 Desember, RW 07 pada tanggal 15 Desember, RW 08 pada tanggal 22 Desember, dan RW 11 pada tanggal 18 Desember 2020. 

Posyandu RW 11

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi untuk tetap melaksanakan kegiatan posyandu ini, namun tetap berdasarkan protokol kesehatan Covid-19 seperti wajib menggunakan masker, tersedianya hand sanitizer atau tempat cuci tangan, dan pengecekan suhu tubuh.


Melakukan Timbang Berat Badan

Beberapa kegiatan posyandu  yang dilakukan adalah melakukan timbang berat dan tinggi badan lalu membandingkan pertumbuhannya pada bulan sebelumnya, pemantauan status gizi kemudian melakukan imunisasi. Dalam imunisasi ini terdapat 5 jenis yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB.



Download Buku Saku Posyandu

0 komentar: