Find Us

Foto Bersama Pelaku UMKM Ikan Asin   Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di Kelurahan Kesenden salah satunya adalah UMKM Ikan As...

UMKM yang Dinilai Kecil Namun Beromset Puluhan Juta

Foto Bersama Pelaku UMKM Ikan Asin

 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdapat di Kelurahan Kesenden salah satunya adalah UMKM Ikan Asin. UMKM Ikan Asin ini terletak di RW 10 dan RW 11. Masyarakat yang menjalankan usaha ini dilakukan secara turun-temurun atau usaha keluarga.


Video ke Tempat UMKM Ikan Asin


Bahan baku dalam proses pembuatan ikan asin adalah ikan segar dan garam, adapula pembuatan ikan yang tidak asin yaitu menggunkan es batu. Proses penjemuran memakan waktu 4 hari jika sedang hujan dan 2 hari ketika panas.

Peoses Penjemuran Ikan Asin
 

Jenis ikan yang diolah menjadi ikan asin yaitu ikan bilis, tigawaja, kakap, kerapu, dan campuran. Ikan-ikan segar ini diperoleh dari daerah sekitar tempat produksi dan bisa mencapai hingga ke luar kota seperti di Indramayu, Gebang, dan Semarang. 

 

Untuk harga ikan asin yang paling adalah adalah ikan bilis yaitu mencapai Rp 80.000 – Rp 100.000/kg, untuk ikan tigawaja Rp 70.000/kg dan ikan campuran Rp 60.000/kg. Sistem penjualannya dengan pemesanan melalui via telepon dan dipasarkan di Cirebon hingga Bandung.

Kemasan Produk Ikan Asin Mina Bahari  
 


0 komentar: